Burung

Nikmat rasanya pagi-pagi nyeruput kopi sambil mendengar merdunya suara dan moleknya tingkah laku burung. Indonesia kaya akan ragam jenis burung dan memiliki sekitar 1.500an jenis burung dari sekitar 9.200 jenis burung yang ada di dunia. Suara burung dihasilkan oleh Kotak suara atau Syring yang terdapat pada persimpangan antara trachea dan broncus. Pada Syring terdapat membran tympani medial yang menghasilkan bunyi ketika dilewati udara pada saat mengeluarkan nafas.

Jenis-Jenis Burung

Burung yang banyak dipelihara dan diperlombakan di kontes-kontes kicauan


Anis Merah (Zoothera citrina). Memiliki panjang tubuh sekitar 20 cm, warna bulu hitam dan terdapat warna merah bata pada kedua belah sayap, pada jantan memiliki warna merah yang lebih terang dengan kombinasi hitam yang lebih mengkilat. Pada betina mempunyai ukuran yang sama dengan jantan. Warna pada betina merah kecoklatan dan warna hitam yang lebih pudar.



Cucak Hijau (Chloropis sonnerati). Ciri fisik cucak hijau mempunyai panjang sekitar 20 cm, berwarna hijau. Pada bagian bawah paruh berwana hitam.



Kacer (Copsychus saularis). Memiliki panjang sekitar 25 cm dengan warna tubuh hitam bervariasi putih dibagian sayap dan ekornya.



Hwa Mei (Garulax canorus). Biasa disebut juga wam bie, merupakan burung ocehan asal Cina. Panjang tubuh hwa mei sekitar 27cm. Warna tubuhnya hampir keseluruhan cokelat tua dan hanya di bagian kepala bagian depan berwarna agak keputihan dan dibagian belakang kepala hingga tengkuk terdapat garis kehitaman. Sejak virus Sars dan H5N1 yang mulai mewabah sekitar tahun 2007an, impor hwa mei mulai dihentikan.
 
Anis Kembang (Zoother interpres). Memiliki panjang sekitar 20 Cm. Warna bulu hitam, bagian bawah putih dan pada jantan terdapat pola warna hitam menyerupai awan, namun pada saat piyik trotolan tersebut belum jelas terlihat.



Murai batu (Copychus malabaricus). Kita mengenal murai batu medan, murai batu kalimantan, malaysia dan Sumatra. Ciri umum dari murai batu memiliki panjang sekitar 28 cm dengan panjang ekor lebih panjang dari panjang tubuhnya. Pada Murai batu memiliki panjang ekor yang lebih panjang dari jenis murai lainnnya. Warna kepala, leher, dada dan paruh hitam mengkilat, dengan bagian bawah berwarna coklat kemerahan.



Cendet (Lanius cristatus). Juga memiliki nama lain pentet atau toet. Memiliki panjang 20–25cm. Paruh membentuk kait dibagian ujung. Memiliki warna abu-abu, hitam pada bagian kepala bagian bawah badan berwarna coklat dengan variasi putih.

Pakan

Merupakan aspek yang sangat penting dalam memelihara burung. Saat ini banyak penggemar yang lebih menyukai menggunakan pakan buatan dibanding pakan alami. Pakan alami biasanya digunakan untuk extra fooding atau pakan tambahan yang digunakan untuk tujuan tertentu. Burung-burung hasil domestikasi perlahan lahan mulai menyukai pakan buatan. Ada beberapa pertimbangan yang menyebabkan penggemar lebih menyukai pakan buatan untuk burung kesayangannya seperti mudah didapat, mudah penyimpanan, tidak cepat rusak, harga relatif lebih murah, dan keseimbangan gizi yang lebih baik.


Juara Bird Food Seaweed , merupakan pakan yang sangat baik untuk burung kicauan.
Terbuat dari bahan-bahan segar pilihan, mengandung rumput laut, nutrisi yang lengkap dan seimbang dan meningkatkan kekebalan tubuh.
   
Juara Bird Food Anti Stress, pakan yang terbuat dari bahan segar pilihan, mudah dicerna, nutrisi lengkap dan seimbang, mencegah stress pada burung.

Extra fooding berupa jangkrik, kroto, ulat. Meskipun belum ada penelitian, namun para penggemar burung menyakini bahwa jangkrik berfungsi untuk meningkatkan volume burung, Kroto dan ulat diyakini mampu membuat rajin burung berkicau. Cacing diyakini mampu meningkatkan birahi burung. Pemberian ekstra fooding dengan cara penyetelan atau mencoba-coba porsi atau jumlah yang diberikan pada burung dengan pengamatan seksama. Dengan kata lain, kita mengamati korelasi antara jumlah porsi tertentu dengan penampilan burung dalam berkicau.

Pemeliharaan

Sangkar

  • Ukuran sangkar baik tinggi maupun lebar sebaiknya tidak menggangu kenyamanan burung dalam bergerak. Sehingga burung merasa nyaman dan mengurangi resiko kerusakan pada bulu burung. Jarak jeruji harus berdekatan untuk menghidari cidera burung akibat mencoba meloloskan diri.
  • Alas kandang, gunakan bahan yang awet dan mudah dibersihkan. Karena alas kandang berfungsi juga sebagai penampung kotoran. Bila hal ini kurang diperhatikan akan menyebabkan penumpukan kotoran dan akan mengganggu kesehatan burung.
  • Tangkringan atau tenggeran yang baik adalah yang berasal dari kayu. Dipasaran umumnya berasal dari kayu asam dan bubutan kayu yang sudah diberi amplas. Ukuran tangkringan yang ideal adalah jika burung hanya dapat mencengkram dua pertiga dari diameter tangkringan.
  • Kerodong burung biasanya berupa kain yang digunakan untuk menutup sangkar. Berfungsi melindungi burung dari hawa dingin dan gigitan nyamuk. Disamping itu kerodong berfungsi sebagai pembatas pandangan sehingga tidak meronta-ronta ketika sangkar dijinjing dan juga bermanfaat pada saat pemasteran. Hal ini disebabkan beberapa burung enggan menirukan bunyi burung master ketika melihat burung masternya.
  • Tempat Mandi, untuk memandikan burung ukuran sedang seperti anis, murai, kacer dan lainnya dapat menggunakan bak keramba yang banyak tersedia di pasaran. Didalam tempat mandi dilengkapi dengan dua buah tangkringan.
  • Tampat Pakan dan Minum, hindari tempat pakan dan minum yang terbuat dari logam karena rawan terjadi korosi. Tempat pakan dan minum dapat berasal dari bahan plastik, keramik, tempurung kelapa dan lainnya.

Mabung atau rontok bulu adalah hal yang alami dialami oleh burung. Faktor yang menyebabkan antara lain umur, tingkat hormon dan aktivitas burung. Pada saat rontok bulu dibutuhkan perawatan yang lebih intensif. Pada masa itu burung akan pasif dan biasanya berhenti berkicau. Pada saat itu biasanya para penggemar akan mengkerodong burung sepanjang hari dan merupakan kesempatan untuk memaster burung. Pada saat mabung burung diberi pakan tambahan dengan klasium tinggi seperti sotong (tulang cumi), dan menempatkan burung pada tempat yang sejuk.

Kebersihan. Burung dalam keadaan sehat dapat dimandikan setiap hari dan cuaca dalam keadaan baik. Air yang digunakan sebaiknya air sumur, karena air PAM dapat menyebabkan bulu kusam. Setelah mandi dilakukan penjemuran. Penjemuran sebaiknya dilakukan antara pkul 06.00 sampai 10.00. Lama penjemuran 1 -2 jam. Selama aktifitas mandi jemur ini, kita dapat selingi dengan membersihkan sangkar, tempat pakan dan minumnya. Sangkar yang kotor dapat mengundang datangnya semut, kecoak dan tikus. Untuk lebih baiknya sangkar juga disucihamakan dengan desinfektan.

Pemasteran, adalah aktifitas untuk melatih burung agar dapat menirukan suara lain, yakni burung lain ataupun suara disekitar burung. Seperti kita ketahui bahwa suara burung tidak hanya dipengaruhi karena genetik tapi juga karena menirukan suara lain disekitar burung. Tujuan pemasteran adalah untuk mendapatkan variasi suara & lagu burung yang dimaster. Berhasil tidaknya tergantung dari kecerdasan tiap individu burung yang dimaster. Burung lokal yang mudah menirukan suara masternya adalah murai batu, cendet dan cucak hijau. Beberapa jenis burung master antara lain kenari, ciblek, manyar, pelatuk. Dapat juga memaster burung dengan burung sejenis yang sudah jadi. Cara lain dengan memaster burung dengan memperdengarkan kaset atau CD suara burung yang saat ini sudah banyak beredar di pasaran.

Pemasteran dapat dilakukan dengan berbagai posisi. Pertama, posisi burung master lebih tinggi dari burung yang akan dimaster. Sedangkan posisi kedua adalah posisi burung master dan yang akan dimaster diletakkan berdampingangan. Namun pada intinnya kedua posisi tersebut harus diperhatikan tingkat kenyamanan burung, dan jarak antara burung master yang akan dimaster tidak saling melihat apalagi burung yang akan dimaster lebih kecil daripada burung master, kedua burung tersebut harus saling tidak melihat karena dikhawatirkan burung yang akan dimaster menjadi down.

Penyakit

Penting untuk selalu memantau perkembangan, tingkah laku dan kesehatan burung. Berikut beberapa gejala umum yang dapat dijadikan acuan jika burung sakit

  • Tampak selalu diam dan menyendiri
  • Nafsu makan turun
  • Aktifitas gerak berkurang
  • Malas berkicau
  • Bulu tampak kusut dan kusam
  • Tampak kedinginan saat tidur
  • Pandangan mata lesu

Jika burung tampak ada gejala-gejala seperti diatas maka harus segera dikarantina dan dilakukan pengobatan

Beberapa jenis penyakit yang sering dijumpai pada burung kicauan

  • Berak kapur.Ditandai dengan kloaka yang selalu tampak basah dan kotor, feses yang encer dan berwarna putih. Pengobatan dengan antibiotik seperti preparat sulfa ataupun tetracycline. Penyakit ini dapat dicegah dengan selalu menjaga kebersihan sangkar serta tempat pakan dan minum.
  • Berak darah. Burung tampak lesu, bulu kusut dan sayap jatuh kebawah, mencret dan jika sudah parah fesesnya kemerahan. Pencegahan dengan menjaga kebersihan sangkar. Buang sisa-sisa kotoran yang sudah rusak dan bersihkan tempat pakan. Pengobatan dengan pemberian antibiotik.
  • Abses. Kaki bengkak karena infeksi akibat adanya luka. Pengobatan dengan obat merah atau salep antiseptik. Pencegahan dengan membersihkan sangkar dan menjaga sangkar dari benda-benda tajam yang berpotensi melukai.
  • Newcastle Desease (ND). Pada ayam disebut Tetelo. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengan gejala sulit bernapas, nafsu makan hilang dan kotoran berwarna kehijauan. Pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan sangkar dan vaksinasi ND. Semprot sangkar dengan desinfektan secara berkala.
  • Cacingan. Gejalanya seperti nafsu makan berkurang, feses encer dan bercampur lendir, burung jadi malas berkicau. Pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan, semprot sangkar dengan desinfektan. Pengobatan dengan obat cacing berbahan aktif albendazole sesuai dosis.
  • Radang Mata. Mata burung membengkak dan berair yang selanjutnya menyebabkan kelopak melekat dengan mata. Hal ini disebabkan oleh kondisi udara lingkungan yang tidak baik. Hindari hembusan angin langsung ke mata burung, terutama jika udara sedang berdebu. Pengobatan dengan aplikasi salep mata atau obat tetes mata.